Rabu, 16 Januari 2013

Dana Pensiun buat anda


Meski usia masih muda, apakah pernah Anda berpikir untuk menyiapkan dana pensiun? Jika belum, sudah saatnya Anda menyiapkan dana pensiun dari sekarang.


Tingginya biaya hidup di masa mendatang memerlukan rencana keuangan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup, terutama di masa pensiun. Dana pensiun ini sebaiknya disiapkan minimal 15-10 tahun sebelumnya.

"Biaya hidup yang semakin mahal, apa lagi orang muda mau berapa pun gajinya pasti habis," ujar perencana keuangan Aidil Akbar, di Jakarta, kemarin.

Untuk itu rencana investasi harus disiapkan dengan baik. Caranya, setelah menerima gaji, sisihkan 30 persen untuk membayar utang produktif. Utang produktif ini seperti kredit pemilikan Rumah  (KPR) atau investasi properti yang nilai asetnya selalu meningkat. Dengan peningkatan aset tersebut, diharapkan mampu menambah modal usaha di masa depan.

Sisa gaji sebesar 70 persen dapat digunakan sebesar 50 persen untuk biaya hidup, 20 persen untuk asuransi, investasi atau menabung. Untuk memilih investasi jangka panjang, beberapa instrumen yang dipertimbangkan yaitu reksadana, obligasi, saham, tergantung profil resiko.

"Kalau bicara return saham paling bagus, meski risikonya juga ada," ujarnya. (*/VIVA.co.id)

kami siap membantu anda
Abdul Barik
tuanbelah@gmail.com
087881645841

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites