Kamis, 31 Januari 2013

Memilih Produk Asuransi



Seiring perkembangan jaman, perlindungan asuransi jiwa merupakan hal mutlak untuk melindungi keuangan Anda jika  terjadi hal-hal tak terduga seperti sakit atau bahkan meninggal dunia. Asuransi jiwa akan membantu Anda memastikan  tujuan-tujuan keuangan masa depan bisa tercapai, meski hal yang tak terduga tersebut terjadi.

Secara umum, terdapat beberapa jenis produk dasar asuransi jiwa. Pertama adalah asuransi jiwa berjangka (term insurance). Manfaatnya, uang pertanggungan hanya dirasakan oleh ahli waris Anda saat terjadi risiko kematian atas diri.
Kedua adalah asuransi jiwa dwiguna (endowment). Manfaatnya, uang pertanggungan dapat dirasakan oleh ahli waris saat tertanggung meninggal dunia dan / atau nilai tunai yang akan Anda peroleh saat tertanggung masih hidup. Contoh asuransi jiwa dwiguna adalah asuransi pendidikan, dimana nilai tunai akan diberikan kepada Anda dalam periode tertentu sesuai polis, disamping ahli waris Anda akan memperoleh uang pertanggungan jika terjadi klaim meninggal.
Ketiga adalah asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link). Saat ini, produk unit link yang banyak diminati nasabah Indonesia sejak diluncurkan sekitar 12 tahun lalu. Produk ini memberikan uang pertanggungan saat tertanggung meninggal dunia dan manfaat investasi yang dapat digunakan saat tertanggung masih hidup.
Premi yang Anda bayarkan sebagian digunakan untuk porsi perlindungan dan sebagian untuk porsi investasi. Hasil investasi akan bergantung dari kinerja jenis dana investasi yang Anda pilih. Dengan memahami kebutuhan dan produk asuransi jiwa yang Anda beli, Anda akan lebih yakin dengan pilihan Anda dan lebih tenang menyambut masa depan Anda.
Agar lebih yakin dalam membeli produk asuransi jiwa, berikut beberapa tips yang dapat bermanfaat:
1. Tanya Sepuasnya Hingga Anda Paham
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, Anda harus tahu apa kebutuhan dan tujuan keuangan Anda, selanjutnya jenis asuransi apa yang Anda butuhkan? Bisa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, penyakit kritis, pendidikan anak, dana pensiun, atau investasi?
Jika Anda berpikir tentang investasi, tanyakan profil risikonya. Apakah Anda tergolong tipe yang berani mengambil risiko dalam berinvestasi, moderat atau konservatif. Lakukan proses pencarian fakta kebutuhan keuangan dan profil risiko Anda bersama perencana keuangan (Financial Planner), agen asuransi jiwa, atau Insurance Relations Advisor untuk lebih meyakinkan.
Para ahli perencana keuangan yang bersertifikasi terlatih untuk memahami kebutuhan keuangan Anda dan menyesuaikannya dengan produk- produk asuransi jiwa yang tersedia. Meski demikian, jangan diterima mentah-mentah. Pikirkan lagi masukan dari mereka dengan menggunakan akal sehat. Berpikirlah secara menyeluruh sebelum Anda memutuskan membeli produk. Ingat, bahwa keputusan membeli menjadi tanggung jawab Anda.
2. Mintakan Proposal Pribadi Asuransi Jiwa Anda
Setelah berdiskusi dan memutuskan produk yang akan beli, Anda akan memperoleh proposal asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan, kondisi, dan tujuan keuangan Anda. Dalam proposal akan terdapat gambaran tentang manfaat, premi, periode pembayaran premi, serta biaya-biaya.
Pastikan Anda memahami isi proposal tersebut dan mintalah penjelasan bila ada hal yang belum dipahami. Dalam proposal tersebut, harus dipahami premi yang harus dibayar, periode premi, dan cara pembayarannya. Selain itu, perlu juga diketahui mekanisme produk, prosedur dan persyaratan klaimnya
3. Pahami Materi Asuransi
Luangkan waktu untuk membaca proposal sehingga memahami betul tentang hal-hal seperti nilai tunai polis, dan hasil-hasil investasi diperoleh, jika ada. Baca materi lain sehubungan dengan produk, seperti brosur produk.
4. Pilih Perusahaan Asuransi  yang Tepat.
Dalam memilih perusahaan, terdapat beberapa hal penting untuk diperhatikan. Hal pertama adalah pastikan kekuatan keuangan perusahaan. Pilih perusahaan asuransi yang menunjukkan tingkat solvency atau kesehatan perusahaan yang tinggi. Kinerja keuangan yang sehat ini sangat penting saat Anda melakukan klaim asuransi di masa depan. Lihat seberapa besar jaringan cabang-cabang perusahaan sehingga bisa  membantu Anda dan keluarga yang tinggal tidak dalam 1 kota saat harus melakukan klaim.
Langkah kedua adalah meninjau prosedur klaim. Hal ini bisa dilakukan  melalui agen atau secara langsung ke perusahaan yang bersangkutan (Customer Service). Pastikan prosedur mereka sederhana, sehingga Anda memahami prosedur tersebut.
Perhatikan profesionalime agen atau Insurance Relations Advisor dari perusahaan yang bersangkutan. Nilai tingkat layanan mereka, sebagaimana Anda menginginkan pengelolaan keuangan Anda berada di tangan yang tepat dengan layanan purna jual berkualitas terbaik.

Kami siap membantu anda
tlpn : 087881645841
pin :322A712F
Email : tuanbelah@gmail.com

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites