Kamis, 31 Januari 2013

Kendalikan Pendapatan Anda



Siapa yang pernah berbelanja dan menghabiskan waktu untuk bersenang-senang? Kita pasti pernah melakukan hal yang demikian. Menantikan akhir / awal bulan dan menggunakan gaji bulanan untuk bersenang- senang, menghabiskan waktu berbelanja untuk produk fashion up date, adalah saat-saat dimana kita lakukan pada saat pendapatan bulanan telah kita terima. Sebagai manusia yang memiliki naluri konsumtif sudah pasti ingin membelanjakan sebagian dari gaji / pendapatan untuk sesuatu hal.

Jika Anda mempunyai kebiasaan seperti itu, sebaiknya dirubahlah perilaku yang demikian. Anda bisa merendam keinginan menggunakan uang Anda untuk hal-hal yang sebenarnya kurang penting dengan cara menabung, berinvestasi atau membeli produk asuransi, karena dengan demikian Anda dapat mempersiapkan masa depan dan tentu saja memperbaiki financial Anda. Secara bijak kita harus membedakan antara need (kebutuhan) dan will (keinginan).
Yuk kita lihat beberapa tips sederhana dibawah ini akan tetapi sejumlah manfaatnya bisa kita rasakan di kemudian hari.
Menyisakan uang pendapatan bulanan
Berusahalah untuk menyisihkan pendapatan bulanan, intensif yang kita terima untuk di tabung. Sudah seharusnya bersikap tegas dan segara mengalihkan uang tersebut untuk disisihkan 10 sampai 30 % uang setelah mendapatkan gaji. Simpan direkening yang khusus untuk menabung. Usahakan tidak memakai uang tabungan yang berada di rekening tersebut.
Skala prioritas
Membuat skala prioritas dalam pengeluaran atas pendapatan bulanan adalah keputusan yang benar. Memproritaskan pengeluaran untuk membayar beberapa tagihan bila memang ada pada bulanan Anda lalu sisihkan segera untuk menabung. Setelah itu mulailah kita rencanakan untuk membelajakan berbagai kebutuhan. Tetapi perlu diingat membelanjakan bukan untuk shopping semata yang berguna untuk memenuhi nafsu konsumtif belaka.
Redam membelanjakan uang untuk shopping belaka
Saat menerima gaji bulanan, jangan membelanjakan uang Anda sekaligus. Rencanakan setiap bulan seberapa banyak Anda akan mengeluarkan uang untuk belanja dan taat pada rencana dan planning yang sebelumnya telah direncanakan. Jangan berbelanja sesuai keinginan semata dan nafsu sesaat, misalnya ingin membeli sebuah produk terbaru, padahal yang lama masih bisa digunakan dan masih dalam keadaan baik. Berfikirlah secara jernih dalam mengalokalisikan dana sesuai kebutuhan dan keperluan yang penting untuk ditabung. Sekali lagi dahulukan kebutuhan bukan keinginan.

Belanja Sesuai Kemampuan
Mulailah dengan hal yang sesuai uang yang Anda punya dan berdasarkan seberapa uang atau bonus yang akan Anda dapat di kemudian hari. Hindari dengan keperluan dan pengeluaran yang tidak penting dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah hidup sesuai kemampuan atas pendapatan kita.
Batasi penggunaan kartu kredit
Hal ini yang menjadi salah satu penyebab tersendatnya kebutuhan jangka panjang kita. Yaitu penggunaan kartu kredit yang berlebihan. Gunakan kartu kredit secara bijaksana agar Anda tidak terbebani saat membayarnya. Tuntaskan semua pembayaran kartu kredit dan utang lainnya, segera setelah gaji Anda masuk. Minimal, tunaikan sejumlah limit yang seharusnya dibayar, dan segeralah untuk memutuskan untuk meminimalisasi penggunaan kartu kredit.
Investasi
Investasikan gaji Anda dengan mengikuti asuransi atau mendepositokan sejumlah pendapatan yang bisa ditarik sesuai persetujuan. Atau dengan membuka peluang usaha yang memungkinkan Anda mendapatkan uang selain dari gaji kantor dengan mencoba berinvestasi. Dengan cara ini sama saja seperti Anda menabung disiplin pendapatan Anda secara bijak.
Nah, sekarang untuk apa kita menunggu lebih lama, segerakanlah agar kita dapat menghabiskan waktu kehidupan kita lebih nyaman dan aman di masa depan kita.

Anda memerlukan seorang perencana keuangan kami siap membantu
tlpn : 087881645841
pin :322A712F
Email : tuanbelah@gmail.com

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites